Rabu, 15 Agustus 2012

Our Journey in a sweet 10 months (9)

Perjalanan hidup manusia memang rahasia Allah SWT...


Sejak usia sekolah dasar, Neng dan Aa sebenarnya sudah berada di satu lingkungan sekolah. sama-sama satu SD Angkasa I Halim P. Tapi Neng dan Aa tidak pernah dalam kelas yang sama. Namun demikian,Neng cukup mengenal Aa adalah temannya satu sekolah. Sampai akhir kelas 3 SD, Neng pindah ke perumahan TNI-AU Waringin Permai dan pulang pergi sekolah dari Jatiwaringin ke Halim dengan menggunakan jemputan sekolah.

Daerah jatiwaringin dulu adalah daerah yang belum terlalu ramai. Malah terkesan terpencil karena sudah agak jauh dari perkotaan. Kayak tinggal di udik...kata sebagian orang. Neng pindah sekitar tahun 1983. Saat itu komplek Neng di kramatjati kena gusur, karena tanah-nya akan digunakan untuk pertokoan. 

Pindah ke jatiwaringin bukan hal yang mudah untuk Neng. Selain lingkungan yang masih sepi, jalanan juga hanya bisa dilalui 2 jalur berlawanan, yang ke arah pangkalan jati, dan satu lagi ke arah pondok gede. Angkutan kota juga hanya ada 3, K22 (kalimalang-pondok gede), M-18(kampung melayu-pondok gede), dan M-19(kranji-cililitan). Ditambah dengan keadaan komplek yang masih agak sepi, karena banyak rumah yang baru dibangun, kadang membuat Neng tidak betah.Sepi, nggak ada teman..kata Neng ke ortunya.

Aa pindah juga ke jatiwaringin, komplek tempat Neng tinggal tahun 1984. Aa tinggal di blok Z-6. Blok dalam perumahan, yang hanya diperuntukkan buat mereka yang pangkatnya bintang-satu keatas.
Bapak-nya Aa memang menyandang pangkat bintang dua saat itu. Wow...pas Neng tahu hal ini, Neng malah minder sendiri. Karena kedudukan papa-nya Neng tidak sebanding jika dibandingkan dengan Bapak-nya Aa. 
Kalau dalam militer, papa-nya Neng hanya level perwira menengah, sedangkan bapak-nya Aa adalah perwira tinggi. 

Selama SD hingga SMA, Neng dan Aa sudah tinggal dalam satu komplek. Tapi mereka tidak pernah bisa dekat, dalam  arti sebagai sahabat. Bahkan saat SMA, Neng dan Aa tinggal hanya berselang 2 rumah. Tapi toh Neng dan Aa tidak pernah bersama-sama berangkat sekolah.


Hingga tahun berganti dan Aa pindah rumah ke Cibubur, dan pada akhirnya kembali lagi ke perumahan Waringin Permai di blok Q-6A. 

Di tahun 2011, Aa menuliskan status di FB, tentang asinan yang enak daerah rawamangun. Neng hanya memberikan komentar "Mau dong dibawain, nggak pake ongkir kan."
Eh tiba-tiba Aa menyahut.."Boleh, tapi minta no.HP dong. inbox ya."

Neng dan Aa pun segera bertukar no.HP. Seminggu kemudian, sebungkus mie juhi mendarat di rumah Neng. Ternyata Aa membelikan mie juhi itu di rawamangun sesuai dengan janjinya waktu itu...hmmm...nikmat..
Setelah itu, Neng dan Aa  sering SMS-an. Dan akhirnya sepakat bahwa mereka akan buka puasa bersama, untuk bisa cerita lebih banyak lagi.

Tidak ada komentar: