Rabu, 14 September 2011

Lotus Notes..bukan hanya email biasa (part-2)

Melanjutkan tulisan saya terdahulu. Tulisan ini adalah lanjutannya.

Kalau mendengar Lotus Notes ada sebagian orang yang berpendapat, lotus notes hanya bisa email.
Kalau dibilang Lotus Notes bisa email. Itu benar. Sebagai pelopor segi komunikasi, Notes memang pada awalnya digunakan untuk komunikasi antara individu. Setelah makin berkembang, Notes digunakan untuk Koordinasi dan Kolaborasi diantara tiap unit di dalam satu organisasi.

Tidak sedikit orang juga mengira Lotus Notes produk lama...lho, apa coba maksudnya produk lama.. ternyata banyak orang mengira Lotus Notes adalah Lotus 1-2-3.. hehehe..
Saya bisa memaklumi kalau banyak orang yang mengira demikian karena keterbatasan informasi mengenai kata Lotus Notes dan Lotus 1-2-3
Betul keduanya adalah produk dari Lotus, tetapi penggunaan dan segmen pasarnya amat berbeda jauh.
Lotus Notes digunakan untuk email,komunikasi,koordinasi dan kolaborasi.
Sedangkan Lotus 1-2-3 digunakan untuk pengolah data yang bersifat spreadsheet (tabel, berdasar baris dan kolom).

Dalam perkembangan selanjutnya Lotus Notes memiliki banyak keunggulan di tiap versi-nya.
dulu di versi 3.0, pembuatan aplikasi Lotus Notes bisa membuat developer terengah-engah karena sulit dalam design dan coding-nya.
Pada versi 4.0 sampai 8.5 sekarang. Lotus Notes telah membuktikan bahwa ia merukapan produk handal yang benar-benar bisa berkomunikasi,berkoordinasi dan berkolaborasi dengan semua produk database dan aplikasi yang dapat dibuat dengan cepat dan mudah untuk diimplementasikan. Aplikasi pada Lotus Notes 8.5.x bisa dengan mudah dikonversi ke aplikasi web tanpa harus melakukan design ulang pada user interface dan codingnya..
Sungguh suatu keuntungan ganda untuk pengguna dan pemilik modal dalam satu perusahaan.
Bayangkan dengan 1 user lisensi, anda bisa menggunakan email, aplikasi, web, SMTP,blackberry, sametime dan fitur lain dengan menggunakan harga 1 user lisensi.
Cukup murah kan..

Herannya...banyak pengguna yang sudah memiliki Domino dan Lotus Notes dan telah menggunakan aplikasi di Lotus Notes, malah ingin kembali ke jaman batu. Jaman dimana tidak ada email dan aplikasi yang berjalan pada server yang sama.
Sungguh sangat disayangkan ya...banyangkan berapa banyak uang jika mereka harus menggunakan aplikasi yang terpisah dengan email.
Padahal saat ini hampir semua aplikasi menggunakan email sebagai sarana pemberitahuan kepada atasan/bawahan, sehingga komunikasi lebih cepat dan lebih efisian dari sisi harga.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya

1 komentar:

Unknown mengatakan...

dakah pengalaman yang bsa di share dengan kami, penerapan dimana dan bagaimana saya tertarik dari sejak 1998, tetapi baru mau serius sekarang