Jumat, 05 April 2013

Waktu Dan Tempat Utama Berdoa

Ada waktu-waktu tertentu yang mendapat prioritas doa diterima oleh allah SWT


Ada waktu-waktu tertentu yang mendapat prioritas doa diterima oleh allah SWT: 
1. Waktu antara adzan dan iqomat. Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Tidak akan ditolak, suatu doa yang  dipanjatkan antara waktu adzan dan icjomah." (HR. Tirmidzi).
2.Waktu sepertiga malam yang terakhir dan sesudah sholat wajib. Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Tuhan  turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang terakhir. Dan berfirmanlah Dia: "Siapa yang berdoa kepada- Ku, maka Aku perkenankan doanya. Siapa yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku ampuni dia." (HR.  Bukhori dan Muslim). Abi Umamah ra. mengutarakan, seseorang bertanya kepada Nabi, ’’Ya Rosulullah,  kapankah doa itu paling didengar oleh Allah?’’ Muhammad Rosulullah saw bersabda: ’’Pada akhir malam, dan  sesudah sholat wajib". (HR. Tirmidzi)
3. Sepanjang hari Jum’at.
4.Ketika khotam (tamat) membaca Al-Qur’an 30 juz.
5. Ketika sujud. Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Saat paling dekat antara hamba dengan Tuhannya  adalah ketika sedang bersujud, karena itu perbanyaklah doa pada saat itu". (HR. Muslim, Abu Dawud, dan  Nasai dari Abu Huroiroh r a)
6. Kala melakukan thowaf (mengelilingi ka’bah).
7. Saat turun hujan atau menghadapi musuh di medan perang. Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Berdoalah  pada waktu doa- doa itu diperkenankan Tuhan, yakni pada saat berjumpa dengan pasukan musuh, ketika akan  melaksanakan sholat, dan ketika turun hujan." (HR.. Asy-Syafi’I).


Tempat-tempat tertentu yang mendapat priorotas dari Allah SWT, diterimanya doa adalah: 

  1. di depan dan di dalam Ka’bah.
  2. di Masjid Muhammad Rosulullah saw.
  3. di belakang makam Nabi Ibrohim as.
  4. di atas bukit Shofa dan Marwah.
  5. di Arofah, di Mudzalifah, di Mina, dan di sisi jamarot yang tiga.
  6. Di tempat-tempat yang mulia lainnya seperti Masjid dan Musholla.

Tidak ada komentar: