Rabu, 03 Juli 2013

Selamatkah kita ?


Banyak keburukan terjadi dialami masyarakat berawal dari ketidakpedulian kita sendiri. Ambillah contoh banjir yang kerap melanda disebabkan banyak orang tidak peduli dengan lingkungan. Atau kecelakaan di jalan raya karena pengemudi tidak mau bersusah sedikit untuk mengecek kondisi kendaraannya, atau sekedar berhenti saat lampu merah di persimpangan jalan. Terjadilah kecelakaan fatal yang berujung pada penyesalan seumur
hidup karena cacat atau bahkan meninggal.

Tetapi bencana terjadi bukan saja karena pelaku tidak peduli dengan keadaan lingkungan di sekitarnya. Bencana juga bisa terjadi karena banyak orang membiarkan pelanggaran itu terjadi terus menerus. Sikap tidak peduli pada kesalahan orang lain juga menyumbangkan bencana pada orang lain dan juga diri kita sendiri. Dengan mendiamkan perbuatan salah apalagi kejahatan orang lain sebenarnya kita telah mengambil peran sebagai pelaku kejahatan pasif. Para ulama menyebut orang seperti itu sebagai syaitan bisu. Asli...saya baru ngeh...kalau manusia bisa disebut syaitan bisu...naudzubillah min dzalik.
Orang sering menghindar dari sikap meluruskan kesalahan orang lain, atau amar maruf nahi mungkar, karena ingin mencari selamat sendiri. Ia takut bila meluruskan kesalahan orang lain maka orang akan marah kepadanya, hubungan akan memburuk, atau bisa jadi ia akan dikucilkan oleh orang lain. Akhirnya ia memilih jalan selamat sendiri. Padahal keselamatan yang diambilnya bukanlah jalan selamat, justru jalan yang mengantarkan dirinya dan banyak orang dalam bencana. Firman Allah:
“Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. dan ketahuilah bahwa Allah Amat keras siksaan-Nya.”(QS. al-Anfal: 25).

Bila kita ingin mendapat keselamatan dan jauh dari bencana, orang lain juga demikian. Karena itu keputusan yang harus diambil bukanlah dengan memutuskan menjadi orang yang EGP  — emang gue pikirin -. Sebaliknya kita malah harus selalu memikirkan keadaan orang-orang di sekitar kita. Seorang yang cinta kepada lingkungan adalah orang yang memiliki tanggung jawab moral dan iman yang besar kepada sesama dan juga kepada Allah.
Ambillah setiap kesempatan untuk menyampaikan kebenaran, bukan malah berdiam diri. Sampaikan kebenaran dengan dorongan iman dan kasih sayang. Bukan karena membenci pelakunya. Katakan pada diri sendiri tentang kesalahan orang lain ‘ya ini adalah tanggung jawab saya untuk meluruskannya’.

Tak mudah memang menjadi yang meluruskan. Penulis pernah berada pada situasi dimana ingin meluruskan tetapi malah dicuekin. Asli...ini terjadi dengan teman dekat sendiri.
Pembicaraan diawali dengan tegur sapa yang baik karena kami pernah bekerja di satu tempat yang sama. Kami pindah dan melanjutkan karir di tempat yang berbeda. Setelah hampir setahun tak bertemu, kami saling bercerita keadaan masing-masing. Singkat cerita, teman saya menanyakan tentang kesehatan saya. Setelah saya jelaskan, dia bilang kalau dia juga sedang sakit, dan tak peduli lagi pada keadaan tubuhnya. Saya tanya, kenapa demikian. Dia menjawab lagi,"Aku bosen mbak, bolak-balik ke RS nggak sembuh-sembuh.". Saya bilang,"Kenapa nggak cari kesembuhan ke Allah saja. Jangan ke dokter semata-mata. Kita bisa lho minta kesembuhan, berdoa dan berharap hanya pada Allah."
Semenit...dua menit setelah itu....dia tak menjawab. Sampai hari berganti dia juga tak menjawab. Saya hanya berpikir, mungkin dia sibuk. Tapi rasanya tak mungkin juga sibuk sampai nggak mau membalas sapaan dan percakapan dalam BBM sampai berhari-hari.
Kesimpulan saya adalah, dia tak terima dengan saran saya itu. Tak apalah pikir saya, toh saya juga sudah mengingatkan. Tidak ada perasaan tersinggung saat itu, hanya berdoa pada Allah SWT, semoga Allah berkenan memberikan pencerahan untuknya.

Andaipun kita sudah mengambil tindakan yang seharusnya kita lakukan tetapi pelakunya bergeming. Tak kunjung mau melakukan perubahan atas perbuatannya, maka kita telah terbebas dari tanggung jawab tersebut. Di hadapan masyarakat, apalagi Allah SWT. kita sudah menunjukkan sebagai pribadi yang punya perhatian dan bertanggung jawab pada lingkungan. Semoga Allah memberi kita keberanian itu selalu. Amiin Yaa Rabbal Alamiin.

9 komentar:

Unknown mengatakan...

Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia, kami menawarkan segala macam dan jenis pinjaman dengan pembayaran yang mudah, suku bunga kita adalah 2% Batalkan pekerjaan abadi, terlepas dari lokasi atau kredit untuk mendapatkan pinjaman Email: worldbestloans@gmail.com

Tertarik pemohon peminjam mengisi formulir di bawah ini
PEMINJAM INFORMASI *
* Nama Lengkap: * ......................
* SEX ............................. *
* Usia ............................. *
* Judul .................. *
* Kontak: ................ *
* Negara ......................... *
* Telepon: * .......................... *
* Jumlah yang diperlukan sebagai Pinjaman: .......... *
* Jangka waktu pinjaman: .................. *
* Pendapatan tahunan: .................. *
* Pekerjaan: ..................... *
* Garansi: ..................... *
* Pembayaran: bulanan atau tahunan

TERIMA KASIH DAN GOD BLESS YOU

MEMPERHATIKAN
LARRY BUKNOR

Unknown mengatakan...

PERHATIAN! PERHATIAN! PERHATIAN!
I Ratu Untung, adalah di sini untuk mengemis dan warga saran dari Indonesia untuk berhati-hati dengan orang-orang yang menyebut diri pemberi pinjaman mereka, karena kemiskinan dan kesulitan, saya scammed dua kali oleh pemberi pinjaman kredit secara online, tidak sampai saya datang di Karina teman saya, yang memperkenalkan saya kepada Ibu Clara pinjaman Clara, yang mengubah hidup saya untuk lebih baik. Sekarang saya bisa makan tiga persegi dan anak-anak saya bisa berhenti menangis untuk makanan.
Anda dapat menghubungi dia di: Claraloans@financier.com atau Claraaldermanloans@gmail.com untuk lebih saran dan direktif Anda juga dapat menghubungi saya melalui: Ratuuntung2@gmail.com dan saya akan willy untuk membantu Anda mendapatkan pinjaman Anda.
Terima Anda Clara, Anda hidup hemat.

Mrs. Laura mengatakan...

Moshi Moshi
Saya Mrs Laura Rodriguez CEO Laura Pinjaman Perusahaan, A pemberi pinjaman kredit pribadi yang terdaftar dan sah. Kami memberikan jasa keuangan (PINJAMAN) dan kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2% ke keuangan cacat, individu, perusahaan, industri, perusahaan dan orang-orang dalam masyarakat. Dan juga mensponsori Anda untuk melepaskan bakat Anda dan mencapai tujuan Anda, kami memberikan pinjaman mulai dari $ 2000 dan di atas ... Kami siap memenuhi kebutuhan Anda, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini secara online dan akses account online. Hubungi kami melalui Email: lauraloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo, saya kateri ibu Grimes, pemberi pinjaman pinjaman pribadi, yang akan memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman sangat membutuhkan cepat pinjaman, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan? Apakah Anda perlu consolidation loan atau pinjaman hipotek? mencari lebih, karena kita di sini untuk membuat semua kekhawatiran keuangan Anda adalah hal di masa lalu. Kami meminjam uang untuk membayar tagihan, berinvestasi dalam bisnis tingkat 2% individu perlu bantuan keuangan, yang adalah kredit yang buruk atau membutuhkan uang. Saya ingin memberitahukan Anda bahwa kami menyediakan bantuan yang dapat diandalkan dan Penerima dan aku siap untuk menawarkan penggunaan pinjaman secara penuh. Jadi hubungi kami hari ini oleh kami. katerigrimesloancompany@Gmail.com

Anonim mengatakan...

Halo, saya Mrs Margaret, seorang pemberi pinjaman pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih Karena Kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada orang yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: Magretaugustineloanfirm@gmail.com

Susanti mengatakan...

Halo, semua orang, silakan, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian saya bagaimana Tuhan mengarahkan saya ke pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan dengan seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan keuangan kesulitan . Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu sebesar $ 5.500 USD, saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online pemberi pinjaman yang legit di kredit dan tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke teman saya untuk saran tentang cara untuk mendapatkan pinjaman online, kami membicarakan hal itu dan kesimpulan kami bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs Rebecca Williams yang merupakan Pendiri / CEO RebeccaWilliamsLoanFirm. Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman dari ($ 35.000) dengan tingkat bunga rendah, itu mudah disetujui tanpa stres dan persiapan dibuat untuk transfer dana pinjaman saya ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari dua (2) hari dan pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah $ 35.000.

Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman kredit nyata saya dengan saya yang mampu memberikan keinginan hati saya. Banyak terima kasih kepada Ibu Rebecca Williams untuk membuat hidup yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik dalam mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ibu Rebecca Williams melalui e-mail rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com untuk informasi lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda.


Jadi terima kasih banyak karena Anda telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang keberhasilan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Aku bernama Susanti, Anda dapat menghubungi saya untuk lebih arahan melalui email saya: susantiutamij@gmail.com. Terima kasih

Unknown mengatakan...

Salam untuk semua orang di luar sana,

Saya membawa kabar baik ke depan pintu Anda Nama saya adalah Mr Juan Carlos seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi, saya menawarkan pinjaman pribadi dan bisnis dengan suku bunga minimum tahunan serendah 3% dalam waktu 1 tahun sampai 28 tahun dari periode durasi pembayaran untuk setiap bagian di dunia. Dan saya memberikan pinjaman dalam kisaran $ 1.000 untuk jumlah maksimum $ 100.000.000,00 USD, pinjaman kami baik diasuransikan dan keamanan maksimum adalah prioritas kami, orang yang tertarik harus menghubungi kami hari ini di via Email (juancarlosloanservice@outlook.com) untuk informasi lebih lanjut tentang transaksi pinjaman ini,

Salam
Mr Juan Carlos

Unknown mengatakan...

,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

Unknown mengatakan...

Mba setiyati,maaf saya sudah tertipu karna kebutuhan,doakan saya ya mba