Minggu, 03 Maret 2013

Terima kasih Ya Allah....

Hari ini...kubelajar lagi satu peristiwa kehidupan.

Seorang teman bercerita tentang keadaan keluarganya. Dulunya kami belajar di kampus yang sama. Tapi karena kami juga berada di lembaga pengembangan komputerisasi yang sama, maka kami bisa kenal lebih dekat.

Dia adalah seorang wanita yang dikaruniai tiga anak perempuan. Sekilas waktu keadaan dia tidaklah mengkhawatirkan. Bahkan saya mengira dia begitu beruntung dibandingkan dengan keadaan saya. Di usianya yang hampir sama dengan sama,dia telah memiliki tiga anak perempuan yang begitu membahagiakan hati. Subhanallah...
Teman saya ini bekerja di suatu kantor, dimana dia juga mampu membagikan waktunya dengan ketiga anaknya. Bermain,mengantar sekolah, dan segudang aktivitas lain yang tidak kalah pentingnya.
Justru saya banyak belajar darinya. Bagaimana cara dia membagi waktu sedemikian rupa, padahal waktu yang diberikan Allah pada kami sama : 24 jam. Sungguh...Allah Maha Besar, memberikan dia kekuatan yang begitu besar untuk menghadapi semua.
Hidup memang penuh cobaan. Bahkan saat kita mengira bahwa hidup kita mulus, tanpa cela, tanpa cacat, bahwa disitulah letak cobaannya. Bahkan saat karir sedang menanjak, ada cobaan keluarga disana.
Saat karir sedang menurun, juga ada ujian disana. Ada hal-hal yang tidak kita senangi akan muncul sepanjang hidup kita. Mungkin cobaan dan ujian itu ditujukan agar kita mendapatkan kenaikan derajat dalam kehidupan, mendapat hikmah dan keberkahan dari Allah SWT.

Kembali pada teman saya tadi, ternyata dia juga mendapat ujian kehidupan yang mirip dengan apa yang terjadi dengan saya. Awalnya justru saya sempet iri dengan keadaan dia. Kehidupannya begitu indah, nikmat, penuh dengan keberkahan.
Mungkin saya salah dalam menilai, karena ternyata yang terjadi adalah sebaliknya. Dan saya begitu terhenyak dengan keadaannya saat ini.
Meski dalam usia yang tidak lagi muda, dia juga harus bertahan menghadapi terjangan badai dalam kehidupan pribadinya, disamping itu dia juga harus tertatih untuk kehidupan tiga malaikat kecilnya.
Subhanallah....

Begitu tegar,dan kokoh, mandiri dalam menghadapi semuanya. Setelah cukup lama berumah tangga, dia mesti melihat kenyataan yang begitu berlawanan dengan kehidupannya 2 tahun yang lalu. Saat badai masalah mulai menerpa.Meski demikian dia begitu tegar, dan tetap memandang kehidupan ini positif  untuknya. Alhamdulillah...

Terkadang kita memandang kehidupan ini begitu buruk, menyebalkan, nggak asyik...bahkan kita yang tadinya hanya kesal dan marah...jadi semakin ,arah dan menyalahkan siapa saja yang bisa disalahkan. Mungkin orang dilingkungan kita. teman atau sahabat.
Bagi seorang muslim, semua dalam kehidupan adalah kebaikan untuknya. Tidak ada sedikitpun yang tidak berbentuk kebaikan kecuali dia tak lagi berpikir itu sebuah kebaikan.
Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan semua ini, tak lain adalah kita diminta selalu berpikir positif dan selalu berbaik sangka pada ketentuan Allah SWT terhadap apa yang terjadi pada hidup kita.

Terima kasih Ya Allah, telah memberikan kenikmatan,kebahagiaan dalam hidup kami. Kami bisa bernapas, bisa melihat, bisa tidur dengan nikmat, bisa bekerja dengan baik, jantung kami masih berdetak, paru-paru kami masih bekerja, otak kami masih normal, dan sejuta nikmat lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Terima kasih Ya Allah...ditengah kehidupan ini, ternyata begitu banyak kebaikan yang kau berikan. Di tengah masalah dan jalan kehidupan yang kita jalani. Masih ada secercah harapan dan asa disana.
Masih ada banyak jalan yang kau sediakan untuk kami yang saat ini terbang dengan sebelah sayap. Menggapai ridho dan berkahMu yang kau sediakan untuk siapapun hambamu yang bertaqwa padamu.

Apapun yang kita hadapi, entah itu suatu kebaikan atau keburukan, sedapat mungkin ingatlah pada Allah...
Betapa Allah telah mendampingi kehidupan kita dengan cara Allah SWT yang terbaik untuk kita.
Janganlah kita melihat suatu babak kehidupan kita itu buruk dari sisi kita. Tapi sesungguhnya dalam babak kehidupan yang kita anggap buruk itu terdapat sejuta kebaikan untuk kita. Dan Allah sesungguhnya ingin mengangkat derajat kita agar kita selalu menjadi hambaNya yang  mengabdi padanya.

Ya Rabb...
Tunjuki kami selalu jalanmu yang lurus, agar kami selalu ingat akan janji kami untuk mengabdi padaMu.
Berikan apa yang kami butuhkan dan mohon keberkahanmu dalam hidup ini. Agar kami menjadi hambaMu yang selalu bersyukur. Jadikan kami kuat dan tegar dalam menghadapi hidup ini. Berikan kami kekuatan dalam menghadapi cobaan hidup. Sampaikanlah derajat kami sebagaimana orang-orang yang telah mendapatkan derajat tinggi mereka.

Amin Yaa Rabbal Alamiin...

Tidak ada komentar: